LAPORAN
KEGIATAN TABLE MANNER COURSE
Di Hotel
Santika, Pekalongan
24 Februari
2019
Disusun Oleh:
1. Ririn
Anggraini ( 2017003046)
2. Romdanah
(2017003048)
3. Miftah
Nur Azizah (2017003052)
SEKOLAH TINGGI
ILMU EKONOMI MUHAMMADIYAH PEKALONGAN
TAHUN 2019
KATA PENGANTAR
Dengan
memanjatk puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan
rahmat dan karunia – Nya kepada tim penulis sehingga dapat
menyelesaikan “ Laporan Table Manner Hotel Hotel Santika, Pekalongan”.
Penyusun menyadari bahwa didalam pembuatan laporan ini berkat bantuan dan
tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas kerjasama semua anggota serta
bantuan berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih
kepada:
1.
Ibu Leni Susanti, BIBM, Hons, M.Si yang telah menyelenggarakan
kegiatan table manner ini.
2. Bapak
Teguh Purwanto, SE, M.Si selaku ketua prodi S1 manajemen yang telah berkenan
hadir dalam acara pelatihan Table Manner.
3.
Ibu Panca Kurniyati, SE, M.Si selaku tamu undangan yang berkenan
hadir dalam acara prlatihan Table manner.
Penulis menyadari bahwa dalam proses penyusunan laporan ini masih jauh dari
kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, penyusun
telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga
dapat selesai dengan baik. Oleh karenanya, penyusun dengan rendah hati dan
dengan tangan terbuka menerima masukan, saran dan usul guna penyempurnaan
laporan ini.
Harapan kami sebagai penyusun agar laporan ini dapat memenuhi
standar penilaian tugas, dan yang pastinya untuk menjadikan
informasi dan pembelajaran bagi pembaca selanjutnya.
28 Februari 2019
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Etika
pergaulan skala nasional maupun internasional tidak lepas dari tata cara jamuan
atau “TABLE MANNERS”. Etika makan atau Table Manners adalah aturan yang harus
dilakukan saat bersantap bersama di meja makan. Mempelajari etiket di meja
makan bukan sekadar mengetahui tata krama saat makan atau menggunakan alat
makan. Menguasai table manner juga merupakan bentuk citra diri, bahkan
profesionalisme . Pemahaman yang baik seputar table manner bahkan memengaruhi
kesuksesan karier atau bisnis.
Meja
makan adalah tempat terpenting di mana etiket Anda ditonjolkan. Orang lain akan
mengenali, melihat, dan menilai diri Anda dari profesionalisme yang ditunjukkan
di meja makan. Inilah sebabnya kita perlu belajar table manner.
Siapa
pun kita, dengan berbagai profesi, perlu setidaknya mengetahui table manner.
Misalnya kita seorang sekretaris, sangat mungkin diminta menggantikan atasan
menghadiri undangan penting dalam jamuan makan. Bahkan, ibu rumah tangga pun
perlu memahami table manner. Setidaknya, dengan memahami etiket ini, ibu bisa
memilih gelas yang tepat untuk menjamu tamunya. Tanpa memahami table manner,
seorang ibu bisa saja berbelanja sesuka hati, membeli gelas karena bentuknya
yang indah tanpa tahu fungsi dan penempatannya, lalu menggunakannya tidak
sesuai fungsinya.
B.
Tujuan Table Manner Course
Adapun tujuan Tabel Manner Coures
adalah sebagai berikut :
1.
Agar kami dapat menggembangkan keterampilan cara makan dan minum
secara internasional dengan baik dan benar
2.
Agar mendapat pengetahuan dan pengalaman cara berperilaku sebagai
seorang sekretaris yang baik .
3.
Agar dapat meningkatkan pemahaman table manner, berani mengemukakan
pendapat, menjawab, kritis, serta dapat menumbuhkan kemauan belajar yang
tinggi.
C.
Manfaat Tabel Manner Course
1.
Penulis dan pembaca dapat mengerti definisi atau latar belakang
Tabel Manner Course.
2.
Penulis mendapat pengalaman dari Tabel Manner Course agar merasa
tidak asing dalam dunia kerja atau saat peremuan-pertemuaan kantor atau
bisnis.
3.
Penulis dan pembaca dapat mengenal,mengetahui,mempelajari dan
menggunakan alat-alat makan dalam Tabel Manner Course sesuai dengan
aturan.
4.
Penulis dan pembaca dapat mengetahui menu-menu yang terdapat dalam
Tabel Manner Course.
5.
Penulis dan pembaca dapat mengerti dan memahami aturan-aturan dan
tata cara makan yang baik pada Tabel Manner caurse.
BAB 2
PEMBAHASAN
A.
Etika di Meja Makan
1.
Posisi duduk, usahakan jarak antara badan Anda dengan tepi meja
sekitar 10 – 15 cm. Dalam jarak ini Anda dapat menikmati hidangan dengan posisi
nyaman.
2.
Biasakan duduk dengan posisi punggung tegak dan selalu meletakkan
posisi tangan diatas meja sebatas pergelangan tangan, jangan meletakkan siku
diatas meja.
3.
Barang bawaan seperti tas dan handphone tidak boleh diletakkan di
atas meja.
4.
Kaki tidak boleh ditumpangkan satu sama lainnya selama jamuan
berlangsung.
5.
Jika kita ingin bersin/batuk, palingkan muka kesamping agak
kebelakang dan tutupi dengan napkin. Lalu ucapkan kata “maafkan saya”.
6.
Jika kita ingin menerima telpon, kita lihat dahulu siapa yang
menelpon.
B.
Cara Menggunakan Peralatan Makan
1.
Napkin (serbet makan) diletakkan diatas pangkuan dilipat berbentuk
segitiga dan apabila telah
selesai
makan, napkin dilipat lebik kecil dan di letakkan diatas meja sebelah kiri.
2.
Napkin dilipat dan diletakkan dikursi Anda bila hendak meninggalkan
tempat untuk pergi ke toilet.
3.
Napkin tidak digunakan untuk lipstik atau peralatan makan yang
kotor.
4.
Peralatan makan yang akan digunakan paling awal adalah peralatan
makan yang diletakkan pada bagian yang paling luar dari tatanan yang ada.
C.
Tata Cara Makan
1.
Makanlah hidangan yang sesuai dengan urutan menunya.
2.
Mulut sebaiknya tertutup sewaktu mengunyah untuk menghindari suara
yang dapat mengganggu.
3.
Memotong makanan jangan sampai terlalu besar karena dapat mengganggu
pada waktu menguyah, jadi sesuaikan dengan kemampuan mulut yang wajar untuk
dimakan.
4.
Jangan berbicara selagi mengunyah makanan.
5.
Jika menyendok sup, usahakan dari depan ke belakang. Tangan kiri
memegang kuping mangkuk.
6.
Jika sup tinggal sedikit dan sulit disendok, miringkan mangkuk ke
arah depan.
D.
Menu Makanan
1.
B&B Soft roll and butter porsion
·
Roti disobek secukupnya oleskan butter diatas roti dengan
menggunakan pisau (butter spreader).
·
Piring roti (B&B plate) letaknya disebelah kiri.
·
Piring roti (B&B plate) tidak dipindahkan dari tempat semula.
2.
Appetizer berupa “Vietnamese Vegetable roll
·
Ambil pisau yang terletak dipaling luar.
·
Potong bagian yang akan dimakan
3.
Pamkin Soup
·
Peralatan yang digunakan adalah soup spoon.
·
Sup diaduk perlahan agar cream tercampur dengan merata
·
Tidak diperkenankan meniup sup
·
Jika menyendok sup, usahakan dari belakang ke depan.
·
Jika sup tinggal sedikit dan sulit disendok, miringkan mangkuk ke
arah depan.
4.
Main Course berupa “Stuffing Chicken Vegie”
·
Memotong makanan jangan sampai terlalu besar karena dapat
mengganggu pada waktu menguyah, jadi sesuaikan dengan kemampuan mulut yang
wajar untuk dimakan.
·
Potong daging dengan perlahan
·
Peralatan yang digunakan adalah dinner fork dan dinner knife.
5.
Dessert berupa “Cream Brulee”
·
Peralatan yang digunakan adalah dessert spoon.
·
Umumnya rasanya manis.
E.
Profil Hotel Santika
Hotel
Santika menyediakan
banyak fasilitas untuk memastikan kenyamanan para tamunya. Hotel Santika
Pekalongan dilengkapi dengan WiFi gratis, dan kolam renang besar di luar
ruangan. Sejumlah ruang pertemuan yang luas menjadi tempat yang ideal untuk pertemuan
bisnis atau acara. Hotel Santika juga menyediakan restoran yang menyajikan
hidangan lezat untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.
Swimming Pool
Terletak di
lantai lobi, Hotel Santika Pekalongan mengantisipasi kebutuhan rekreasi tamu di
dalam ruangan dengan fasilitas kesehatan kardio. Kami juga memiliki kolam
renang yang dirancang khusus untuk anak-anak dan orang dewasa. Ukuran kolam
renang : 15 x 6 m
Kedalaman kolam renang : Dewasa 1,2 m, Anak 0,6 m dengan jam operasional 06.00 – 20.00
Kedalaman kolam renang : Dewasa 1,2 m, Anak 0,6 m dengan jam operasional 06.00 – 20.00
F.
Fasilitas Hotel Santika
·
Tempat parkir mobil
·
Ruang pertemua
menyediakan tempat pertemuan dalam berbagai ukuran untuk
mengakomodasi setiap acara. Dari pertemuan bisnis sampai acara pribadi, kami menyediakan
pengaturan yang ideal untuk pertemuan klien di Pekalongan.
Santika (1 & 2)
Santika
1 & 2 cocok untuk mengakomodasi hingga 48 orang dengan tata letak ruang
kelas, 27 orang dalam konfigurasi U, atau sampai dengan 40 orang dalam tata
letak teater. Ruangan elegan ini dihiasi secara profesional dan dilengkapi
dengan sound system, mikrofon nirkabel, dan fasilitas pertemuan modern lainnya.
·
Sound system
standar
·
Mikrofon
nirkabel
·
Papan tulis
& spidol
·
Flip chart
·
Perlengkapan
rapat (kertas dan pensil)
·
Air mineral
& permen
·
Layar LCD /
proyektor LCD
·
Pemutar DVD /
VCD
Santika (3 & 5)
Santika
3 & 5 memberikan kapasitas tempat duduk hingga 50 orang dalam konfigurasi
berbentuk U, 70 orang di ruang kelas, atau hingga 100 tamu dalam tata letak
teater. Ruang pertemuan yang luas dilengkapi dengan semua fasilitas yang
diperlukan untuk kelancaran acara.
Fasilitas
meeting room
·
Sound system
standar
·
Mikrofon
nirkabel
·
Papan tulis
& spidol
·
Flip chart
·
Perlengkapan
rapat (kertas dan pensil)
·
Air mineral
& permen
·
Layar LCD /
proyektor LCD
·
Pemutar DVD /
VC
Santika Ballroom
Santika
Ballroom memberikan pengaturan yang ideal untuk acara besar dan pertemuan
hingga 240 orang dalam tata letak ruang kelas atau hingga 500 orang dalam tata
letak teater. Dirancang khusus untuk acara-acara besar, Santika Ballroom secara
baik dilengkapi dengan semua fasilitas ruang pertemuan yang mungkin Anda
butuhkan.
Fasilitas Ruang Meeting
·
Sound system
standar
·
Mikrofon
nirkabel
·
Papan tulis
& spidol
·
Flip chart
·
Perlengkapan
rapat (kertas dan pensil)
·
Air mineral
& permen
·
Layar LCD /
proyektor LCD
·
Pemutar DVD /
VCD
Ø Restoran
Hotel Santika
Pekalongan memberikan pengalaman bersantap yang lengkap dengan makanan lezat
dan suasana yang tenang dan menyegarkan. Restoran Megono menyuguhkan tamu
dengan berbagai masakan lezat. Dengan dekorasi hangat dan kenyamanannya,
Restoran Megono kami menyajikan pilihan lezat masakan Indonesia dan
internasional. Dengan jam operasional 06:00 – 22:00 dan Kapasitas untuk 122
orang
Ø Akses
jaringan internet
Ø Kamar
Hotel Santika Pekalongan memiliki 109 kamar
yang didesain dengan elegan untuk ketenangan dan kenyamanan tinggal di Pekalongan.
Kami menyediakan akomodasi trendi, fasilitas modern, dan layanan kelas wahid.
v DELUXE
ROOM KING
Kamar dengan AC yang dilengkapi tempat tidur ukuran besar, nyaman
dan dilengkapi dengan fasilitas modern.
v
DELUXE ROOM TWIN
Kamar dengan AC dilengkapi tempat
tidur ganda yang nyaman dan fasilitas modern, seperti TV layar datar, saluran
TV kabel dan akses WiFi
v
SUPERIOR ROOM KING
Kamar dengan AC yang dilengkapi
dengan tempat tidur berukuran besar. Fasilitas modern kami dilengkapi LCD TV,
saluran TV kabel, dan akses WiFi
v
SUPERIOR ROOM TWIN
Tersedia dua ranjang, Superior Room
Twin lebih luas dan dapat mengakomodasi hingga 2 orang dewasa dan 1 anak.
v
EXECUTIVE ROOM KING
Tersedia dengan satu ranjang ukuran
King, Executive Room King lebih luas dan dapat mengakomodasi hingga 2 orang
dewasa dan 1 anak.
v
EXECUTIVE ROOM TWIN
Tersedia dua ranjang, Executive Room
Twin lebih luas dan dapat mengakomodasi hingga 2 orang dewasa dan 1 anak.
Ø SANTIKA
SUITE
Kamar
yang luas dilengkapi dengan fasilitas modern, elegan dan termasuk sarapan
gratis.
G.
Tahapan Kegiatan
1.
Registrasi peserta pelatihan Table Manner dimulai dari pukul
07.00-08.00
2.
Dilanjutkan acara dimulai dengan pembukaan pelatihan Table Manner serta
sambutan dari dosen pengampu mata kuliah komunikasi bisnis serta kepala prodi
S1 Manajemen
3.
Acara dilanjutkan dengan hotel tour dimana mempekenalkan fasilitas
apa saja yang dimiliki Hotel Santika beserta harga inap permalam.
4.
Acara dilanjutkan dengan pembagian voucer berenang bagi mereka yang
berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai hotel Santika
5.
Dilanjutkan dengan demo cooking berupa, menu sarapan yang simple
dan mudah dibuat.
6.
Dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai table manner.
7.
Menjelang siang acara utama yaitu
pelatihan table manner.
8.
Acara ditutup dengan demo memasang sprei.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Table Manner Course merupakan suatu
metode pembelajaran yang dapat memahami aturan tata krama di meja makan dan
juga merupakan bagian dari pengetahuan standar setiap orang dan penting bagi kehidupan
seorang sekretaris. Sehingga, sebagai calon sekretaris dapat menggunakan alat
makan secara international dengan baik dan menambah pengetahuan serta wawasan
sebelum terjun dalam dunia usaha sehingga dapat menunjang profesi seorang
sekretaris yang profesional dan kepribadian.
B.
Saran
Saran penulis adalah semoga kegiatan tabble manner course yang
diselenggarakan STIE Muhammadiyah Pekalongan prodi S1 Manajemen dan S1 Ekonomi
Syariah tetap berlangsung setiap tahunnya dan tetap mempertahankan kerja sama
dengan Hotel Santika dalam kegiatan Table Manner Course.Selain itu Hotel
Santika diharapkan bisa lebih
meningkatkan fasilitas-fasilitas dalam mengembangkan kualitas hotel tersebut
agar semakin lebih maju.

Komentar
Posting Komentar